Aug 5th, 2015
Green-Tinted Mind

http://www.indesignlive.co.id/articles/projects/green-tinted-mind

 

GREEN-TINTED MIND

17 MAR 2015 

Sebuah kantor perusahaan kecantikan di Jakarta membuktikan bahwa konsep “hijau” dapat diwujudkan dalam berbagai warna

 

Peniadaan cubicle di setiap meja kerja memberikann keleluasaan bagi interaksi antarkaryawan, dan dengan sendirinya menghadirkan sedikit batasan bagi privasi. Karena meskipun pernyataan “kantor adalah rumah kedua” akan diamini oleh sebagian besar masyarakat urban, bukan berarti kenyamanan yang diberikan lantas menghambat produktivitas. Terlepas dari itu, ruang untuk privasi tetap tersedia dengan adanya acoustic cocoon yang dapat mengakomodasi pertemuan kecil tanpa mengeliminasi kontak dengan area di sekitarnya. Selain itu, di sudut ruangan juga terdapat sebuah hood—yang berbentuk seperti kotak telepon umum koin yang pernah berjaya di era 90-an—untuk memfasilitasi percakapan telepon pribadi. Secara keseluruhan, partikel terbanyak di dalam kantor ini adalah furnitur, yang hampir semuanya dirancang secara ergonomis dan menggunakan material bersertifikasi ramah lingkungan, serta rendah VOC (Volatile Organic Compounds).

Selain ramah lingkungan, kantor ini memang dirancang untuk mendukung demokrasi danketerbukaan, serta mengaburkan jarak antarposisi dalam struktur kepegawaian. Beberapa ruang yang umumnya dirancang tertutup menjadi “transparan” di kantor ini, seperti di area supervisor dan beberapa ruang pertemuan yang hanya dikelilingi oleh partisi. Bahkan di ruang manajer, yang boleh dikatakan lebih tertutup pun tetap menjunjung aspek keterbukaan melalui penggunaan sandblasted glass walls yang semitransparan. Material kaca juga banyak digunakan di beberapa area untuk menghadirkan keterbukaan dan menawarkan pemandangan dinamika Kota Jakarta. Untuk memaksimalkan pemanfaatan cahaya alami sekaligus menghemat daya listrik, pada jendela kaca digunakan kerai bermotor yang bereaksi terhadap kehadiran cahaya, dan sistem penerangan buatan dengan pengendali otomatis.

Dalam prosesnya, L’Oreal Indonesia memberikan kebebasan penuh bagi AVIP Interiors untuk mengeksplorasi pembentukan desain dan penggunaan material. Oleh perusahaan desain interior yang sudah hampir 20 tahun berdiri di Indonesia ini, kepercayaan itu disambut dengan baik, serta diakui sebagai pembelajaran dan pengalaman tersendiri. Pada akhirnya, dengan dilandasi komitmen yang tinggi terhadap lingkungan, kolaborasi yang harmonis di antara kedua belah pihak dalam proyek ini memperoleh apresiasi yang setimpal dengan tercatatnya nama L’Oreal sebagai perusahaan pertama di Indonesia yang meraih Greenship Interior Space Certificate dari Green Building Council Indonesia. Totalitasnya pun semakin dipertegas dengan diraihnya peringkat Platinum dalam daftar sertifikasi ramah lingkungan ini—sebuah daftar yang diharapkan dapat semakin bertambah panjang seiring dengan berjalannya waktu.

Lisa Amelia adalah Editor Indesign Indonesia.